Apa Saja Fungsi Dashcam? Cari Tahu Jawabannya di Sini, yuk!

Apakah Anda baru saja membeli mobil Toyota bekas dan berencana memasang dashboard camera atau dashcam? Meski sering digunakan sebagai alat untuk membuat konten, dashcam sebetulnya punya fungsi utama yang jauh lebih penting, lho! Sebab, keberadaan dashcam sangat berkaitan erat dengan keamanan Anda dan kendaraan. Kalau begitu, apa saja ya fungsi penting dashcam yang perlu Anda ketahui? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, yuk!

  1. Merekam kejadian penting di sekitar kendaraan

Dashcam akan membantu Anda merekam berbagai kejadian penting yang berlangsung di sekitar kendaraan Anda. Misalnya saat terjadi kejadian atau bencana alam, seperti gunung meletus, angin puting beliung, atau tanah longsor.

Lebih dari itu, rekaman di dashcam mengenai kejadian-kejadian penting yang berkaitan dengan tindak kriminal atau kecelakaan lalu lintas juga bisa bermanfaat besar buat Anda. Sebab, rekaman tersebut bisa jadi informasi bahkan barang bukti.

  1. Mengetahui siapa atau apa penyebab kecelakaan

Bicara soal kecelakaan, tentu saja Anda tidak ingin mengalaminya selama berkendara, kan? Sayangnya, risiko kecelakaan–sekecil apa pun itu–tetap Anda meski Anda sudah berhati-hati. Sebab, masih ada banyak pengguna jalan lain yang mungkin ugal-ugalan dan berkendara sembarangan.

Untungnya, rekaman dashcam bisa dijadikan barang bukti jika kecelakaan terjadi pada Anda atau pengguna jalan lainnya. Dengan begitu, dashcam juga bisa menunjukkan siapa atau apa sebenarnya yang menyebabkan kecelakaan.

  1. Membantu menindak pelaku pelanggaran lalu lintas

Rekaman dashcam tak hanya bisa membantu membuktikan siapa penyebab kecelakaan, tapi juga bantu menindak pelaku pelanggaran; baik itu yang berujung jadi kecelakaan atau tidak. Terutama jika si pelaku pelanggaran tersebut kebetulan berada di sekitar kendaraan Anda.

Mengingat bahwa pelanggaran lalu lintas bisa membahayakan nyawa pengguna jalan seperti Anda, tentu penting memastikan bahwa si pelaku mendapatkan sanksi dan hukuman yang pantas. Inilah fungsi lain dari rekaman dari dashcam Anda.

  1. Menjaga keamanan barang bawaan di dalam mobil

Apabila Anda sering membawa mobil untuk traveling atau jalan-jalan jauh, biasanya Anda akan ada cukup banyak barang bawaan di dalam kendaraan, kan? Makanya, wajar jika Anda jadi merasa takut atau was was kalau barang bawaan Anda di dalam mobil hilang atau rusak.

Solusinya, Anda bisa pasang dashcam yang mengarah ke barang muatan di dalam kendaraan. Dengan begitu, Anda pun bisa mengawasi kondisi barang bawaan Anda dengan mudah. Apalagi jika Anda memiliki mobil model pick-up, yang rentan jadi korban tangan-tangan jahil yang lompat naik ke bak kendaraan untuk mencuri.

Bagaimana, ternyata fungsi dashcam sepenting itu, ya? Semoga informasi dalam artikel ini berguna, ya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.