Cara Menjaga Tubuh Terhidrasi Selama Puasa

Saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan air seharian menyebabkan kekurangan cairan atau dehidrasi. Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh mudah lelah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, jangan khawatir karena ada cara menjaga tubuh tetap terhidrasi, sebagai berikut:

  • Minum Banyak Air saat Buka dan Sahur

Banyak mengonsumsi air adalah cara agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Namun selama berpuasa karena asupan minum dan makan terbatas ketika malam hari saja. Di sisi lain tidak dianjurkan minum banyak air sekaligus karena tubuh tidak dapat memproses semuanya secara bersamaan. Perbanyak konsumsi air di sepanjang malam atau ditambah dengan buah yang kaya air.

  • Konsumsi Makanan Kaya Air

Sebagai tambahan asupan air bisa dengan menambah makanan yang kaya air, seperti mentimun, seledri dan aneka buah mulai dari semangka, apel, anggur dan sebagainya. Makanan tersebut juga efektif menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa seharian.

  • Kurangi Konsumsi Kafein

Kandungan kafein terdapat pada beberapa minuman seperti kopi, teh dan minuman bersoda. Karenanya mengonsumsi minuman tersebut dapat membuat tubuh sering ke kamar mandi yang pada akhirnya menyebabkan dehidrasi. Karena selama berpuasa sebaiknya kurangi mengonsumsi kafein.

  • Mandi Air Dingin

Setelah beberapa hari puasa tubuh akan mulai terbiasa dengan rasa haus karena terbatasnya asupan air di siang hari. Namun gejala dehidrasi lain mulai terlihat, seperti bibir pecah-pecah, suhu tubuh meningkat, kuit memerah hingga denyut nadi meningkat disertai pusing. Ketika gejala ini terjadi, mandi air dingin dapat memulihkan guna membuat tubuh kembali segar.

  • Pilih Pakaian yang Tepat

Kerap diabaikan, memilih pakaian untuk dikenakan ketika berpuasa berpengaruh pada kondisi tubuh. Menggunakan pakaian yang nyaman selama beraktivitas membuat tubuh tidak mudah berkeringat. Kurangi berada di luar ruangan agar tidak terlalu sering terpapar sinar matahari.

Itu dia cara menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama berpuasa. Namun selama doa niat puasa Ramadhan dilakukan dengan sungguh-sungguh, yakinlah tubuh akan kuat dan terhindar dari dehidrasi. Jika gejala dehidrasi dirasa sudah mengganggu segera hubungi dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.