Gula Merah yang Jarang Sekali Orang Tahu

Kebanyakan orang hanya tahu jika gula merah merupakan campuran bumbu dapur yang bisa membuat balance rasa masakan.  Padahal bahan satu ini juga punya banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, berbagai macam khasiat inilah yang jarang diketahui karena memang informasinya masih minim.

5 Khasiat Gula Merah untuk Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah diketahui, proses pembuatan gula merah memang masih alami. Tidak ada campuran bahan kimia atau apapun di dalamnya. Terdapat berbagai macam kandungan mineral maupun fosfor dan zat besi yang bagus untuk kesehatan. Ini dia beberapa manfaat dari gula merah jarang diketahui.

  1. Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Di dalam gula merah terdapat kandungan Fitonutrien yang sangat bagus untuk membentuk sistem kekebalan tubuh. Dapat menangkal virus maupun bakteri jahat agar  tidak masuk ke dalam tubuh dan melindungi dari radikal bebas juga.

Oleh karena itu banyak orang tua menganjurkan untuk minum rebusan gula merah hangat saat tubuh sedang dalam kondisi tidak fit. Kandungan Fitonutriennya mampu membantu mengikat virus dan bakteri jahat kemudian mengeluarkannya dari cairan keringat.

  1. Membantu Atasi Ngompol Pada Anak

Bila memang punya anak yang masih  kedapatan ngompol padahal umurnya sudah besar pasti bingung juga bagaimana cara mengatasinya. Orang dulu bilang pakai ini dan itu, namun belum tentu kebenarannya. Anda bisa coba pakai gula merah sebagai alternatif jalan pintasnya.

Namun agar efeknya benar-benar terasa, ada campuran bahan lain yang digunakan. Yakni tujuh biji duwet yang ditumbuk atau dihancurkan dan sedikit campuran gula jawa. Keduanya direbus dengan takaran dua cangkir air. Rebus sampai air tersisa Setengah saja.

  1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat lain bisa Anda rasakan adalah gula jawa bisa merangsang pertumbuhan nafsu makan pada si kecil. Berbeda dengan poin kedua Anda tidak memerlukan rempah-rempah khusus untuk membuat cara penyajian dari gula merah, tapi cukup campurkan saja dengan air dan direbus.

Saran penyajian yang bisa dilakukan adalah dengan campuran dari umbi temulawak dihancurkan sampai jadi bubur. Kemudian dicampur dengan rebusan gula merah, lalu biarkan sampai benar-benar mengendap dengan sempurna.

  1. Obat Batuk yang Mujarab

Pasti sering merasa risih jika sedang sakit dna tidak kunjung sembuh. Rasanya sangat mengganggu bukan ? jika diberi obat saja tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kesembuhan sebaiknya coba pakai resep dari gula merah.

Cara pengobatannya cukup unik, Anda tinggal memakan tiga buah mengkudu yang sudah diperas dengan perasan atau bisa juga pakai kain. Kemudian campurkan dengan gula jawa sampai rasanya sesuai dengan lidahmu. Jangan lupa harus rutin setiap hari.

  1. Membuat Tubuh Lebih Segar

Gula merah juga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Saat sedang musim pandemi seperti saat ini ditambah cuaca yang tidak menentu pasti bisa membuat metabolisme dalam tubuh jadi lemah. Gula jawa bisa membantu mengatasinya.

Dengan kandungan glukosa serta sukrosanya mampu terurai dengan lebih sederhana kemudian mengalir ke sel –sel seluruh tubuh. Bergerak melalui saluran darah dan mengubahnya jadi energi. Pembentukan protein dalam tubuh juga bisa lebih optimal.

Masih banyak lagi khasiat alami dari gula merah yang bisa diberikan ke tubuh manusia. Walaupun tampaknya sederhana namun jika dikombinasikan dengan benar melalui rempah lain akan menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Jadi bukan hanya sekedar penambah rasa masakan saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.