Ini dia Penjelasan Tentang Lelang Online

Lelang adalah sebuah aktivitas yang sudah sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi tidak semua orang tahu mengenai lelang online, hanya mengetahui kalau lelang dilakukan secara langsung. Ada banyak barang yang bisa dilelang contohnya adalah mobil, motor, alat berat, scrap dan gadget.

Selain itu aplikasi yang dapat digunakan adalah IBID. Anda juga bisa bergabung menjadi salah satu pesertanya dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Adapun hal-hal penting yang harus dilakukan ketika menjadi peserta lelang adalah sebagai berikut:

Mengenal Tentang Aplikasi Online

Aplikasi IBID adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan juga dalam bentuk website dan mobile. Biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan lelang online agar proses lelang bisa berlangsung dengan cepat. Adanya aplikasi yang satu ini juga bisa membuat lelang online menjadi lebih efisien dan mudah.

Beberapa manfaat yang akan dirasakan apabila Anda mengikuti kegiatan lelang online adalah memudahkan proses penginformasian. Jadi informasi mengenai kegiatan lelang, persyaratan juga bisa didapatkan hanya dengan melalui aplikasi saja.

Anda juga lebih mudah jika ingin mendaftar lelang, melakukan proses pembayaran dan transaksi. Adanya fasilitas inilah yang membuat pengguna merasakan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu penjual juga akan semakin untung karena meningkatnya aktivitas penjualan.

Sebenarnya proses lelang online adalah sebagai bentuk pengembangan lelang konvensional. Jadi walaupun dilakukan secara online standar atau peraturannya tetap mengikuti persyaratan dari lelang konvensional.

Pengembangan Aplikasi IBID Lelang Online

Adapun untuk aplikasi IBID ini dikembangkan dengan teknologi terbarukan. Beberapa bahasa pemrogaman yang digunakan adalah PHP, Java, Golang, Net framework dan bahasa pemrogaman lainnya. Adapun aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan beberapa database.

Contoh databasenya adalah MySQL, PostgreSQL, Oracle, Microsoft SQL dan sebagainya. Menggunakan PHP karena dapat meminimalisir pengeluaran menggunakan aplikasi. Selain itu aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur-fiturnya.

Adapun juga aplikasi ini dilengkapi dengan ketersediannya tenaga dari para pengembang tinggi, selain itu terdapat dokumentasi yang banyak. Kedua hal ini akan memudahkan proses maintenance dan dapat melanjutkan pengembangan.

Adapun untuk beberapa fitur yang biasanya terdapat di dalam aplikasi adalah listing creation, dashboard penjual, fitur pembeli seperti searching, bidding, pembayaran dan sebagainya.

Menyediakan Dua Sistem Pembayaran

Beralih ke bagian sistem pembayaran yang ditawarkan terdapat dua jenis. Kedua pembayaran ini juga dapat dipilih oleh pengguna. Adapun untuk sistem pembayaran adalah sebagai berikut:

1. API Intregation

Metode pembayaran yang pertama bernama API Intregation merupakan sebuah metode pembayaran dengan payment gateaway. Hal ini menjadikan sistem pembayaran yang dilakukan dapat langsung ke tempat diadakannya lelang.

2. Off Site Integratuon

Untuk metode pembayaran yang terakhir adalah off site integration berarti melakukan pembayaran dengan cara online. Anda bisa membayarnya dengan menggunakan internet banking.

Beberapa informasi mengenai aplikasi lelang dapat dijadikan sebagai pertimbangan apakah Anda lebih suka lelang online atau konvensional. Akan tetapi walaupun lelang dilakukan secara online persyaratannya sama dengan lelang konvensional.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.