Mayjen Tugas Ratmono Jalani Vaksinasi Kedua, Lancar Tanpa Kendala

Vaksinasi Covid 19 di lingkup TNI sudah dirancang dengan rapi mengikuti Standard Operating Procedure (SOP) yang ketat. Tujuannya untuk meminimalkan risiko Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI). Kepala Pusat Kesehatan TNI, Mayjen Tugas Ratmono, Jumat, 29 Januari 2021 mengikuti vaksinasi Covid 19 tahap kedua. Vaksinasi berjalan lancar tanpa kendala. Seperti tahap pertama, Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono, SpS., MARS., MH mengikuti vaksinasi Covid 19 di Ruang Medical Check Up Unit (MCU) RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Vaksinasi tahap kedua ini berlangsung pada pukul 09.00 WIB, Jumat, 29 Januari 2021. Vaksinasi tahap kedua ini juga berjalan lancar tanpa kendala sebagaimana vaksinasi tahap pertama yang berlangsung dua minggu sebelumnya, tepatnya pada Jumat, 15 Januari 2021. Paska vaksinasi kedua ini, Mayjen Tugas langsung menjalankan aktifitas kesehariannya baik sebagai Kepala Pusat Kesehatan TNI maupun sebagai Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

“Alhamdulillah, seperti vaksinasi yang pertama, vaksinasi tahap kedua ini juga tanpa keluhan dan saya langsung melaksanakan aktivitas kantor seperti biasa,” kata Mayjen Tugas Ratmono. Proses vaksinasi Covid 19 ini menitikberatkan pada pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) yang ketat. Mayjen Tugas Ratmono juga mengikuti SOP vaksinasi Covid 19. SOP vaksinasi Covid 19 di lingkup TNI, sebelumnya dirancang Mayjen Tugas Ratmono sebagai Kepala Pusat Kesehatan TNI. Untuk melatih pelaksanaan SOP ini, Pukses TNI menggelar beberapa kali Training of Trainer Vaksinasi Covid 19.

Orang nomor satu di kesehatan TNI, sebagaimana SOP vaksinasi Covid 19, mendaftar dulu ke petugas vaksinasi. Setelah itu, berpindah ke meja pemeriksaan. Dua orang tenaga kesehatan bertanya seputar riwayat kesehatan melalui checklist dalam lembaran kertas. Setelah dinyatakan lolos, Mayjen Tugas beranjak ke tempat vaksinasi Covid 19. Dokter yang berperan sebagai vaksinator mengeluarkan jarum suntik dan mengambil botol vaksin dari cool box. Dalam hitungan detik, cairan vaksin berpindah ke jarum suntik dan sekejap kemudian disuntikkan ke lengan kiri Mayjen Tugas. Vaksinasi tahap kedua selesai dan untuk memantau kondisi paska vaksinasi, Mayjen Tugas menjalani observasi dengan duduk santai selama 30 menit. Dan karena tidak ada keluhan, Koordinator Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran ini bisa meninggalkan RSPAD Gatot Subroto untuk selanjutnya menjalankan aktivitas kesehariannya.

Vaksinasi Covid 19 berlangsung dalam dua tahap dengan selang 14 hari. Vaksinasi Covid 19 di lingkup TNI selain dilakukan di RSPAD Gatot Subroto juga digelar di Mabes TNI Cilangkap. Personel TNI dan Polri termasuk jajaran yang mendapat vaksinasi pertama kali mengingat tugasnya yang berhubungan dengan masyarakat luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.