Mengenal Narkoba – Pengertian, Dampak Penyalahgunaan, serta Cara Penyembuhan dari Ketergantungan

Tentu sebagian besar dari kelompok masyarakat sudah tidak asing dengan istilah narkoba, bukan?. Narkotika dan Obat-Obatan terlarang, yang juga dikenal sebagai Napza. Kata tersebut mempunyai makna terkait zat atau senyawa yang memberikan dampak buruk kepada penggunanya, salah satunya ialah ketergantungan.

Apa yang Dimaksud dengan Narkoba?

Narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, serta obat terlarang. Dia dapat didefinisikan sebagai zat atau senyawa yang mempunyai sifat alamiah, sintetis, dan semi sintetis. Disisi lai, dalam penggunaannya mampu memberikan efek kehilangan akal sehat, halusinasi, dan sebagainya.

Sedangkan, dalam UU Narkotika pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa narkoba merupakan zat atau senyawa yang terbuat dari tanaman herbal. Serta, dapat menimbulkan efek halusinasi, menurun serta hilangnya kesadaran. Bahkan, juga mampu menyebabkan kecanduan kepada penggunanya.

Pada dasarnya, pemanfaatan obat-obatan herbal ini digunakan sebagai penawar nyeri dan juga pemberi ketenangan. Oleh sebab itu, penggunaannya harus dibawah pengawasan tenaga medis. Karena penyalahgunaan narkoba dapat memberikan beragam dampak negatif pada kesehatan.

Apa Dampak yang Diperoleh dari Penyalahgunaan Narkoba?

Seperti yang sempat diulas pada pembahasan sebelumnya. Bahwa dalam penggunaan obat-obatan yang tergolong sebagai napza ini membutuhkan pengawasan dari tenaga medis. Mengapa demikian? Sebab penyalahgunaan narkoba dapat menimbulkan efek yang berbahaya, seperti berikut ini.

  1. Menyebabkan Halusinasi Kepada Penggunanya

Salah satu dampak yang sangat sering dijumpai adalah halusinasi. Biasanya, pengguna narkoba yang sejenis ganja kerap kali berhayal akan sesuatu yang tidak pasti. Tidak hanya itu, Anda juga berangan-angan terkait keberadaan suatu benda atau apapun yang menyimpang.

Disisi lain, apabila pengguna menyalahgunakan narkoba dengan cara mengonsumsinya secara berlebihan. Hal seperti itu dapat mengakibatkan Anda merasa mual, ketakutan yang berlebih, bahkan munculnya anxiety disorder. Terlebih lagi jika penggunaannya dalam jangka waktu yang lama.

  1. Menganggu Kualitas Kehidupan Penggunanya

Penyalahgunaan narkoba tidak hanya memberikan dampak yang buruk terhadap kesehatan. Akan tetapi, juga mempengaruhi kualitas hidup penggunanya. Contohnya, ketika Anda menggunakan obat ini secara berlebih untuk menghilangkan stres akibat pekerjaan tetapi malah memperburuknya.

Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan konsentrasi Anda menurun, sehingga tidak mampu untuk fokus pada pekerjaan yang harus diselesaikan. Bahkan, dapat menyebabkan muncul masalah keuangan karena kecanduan obat terlarang itu.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Seseorang dari Ketergantungan Narkoba?

Proses penyembuhan akan ketergantungan narkoba sering kali dikenal dengan istilah rehabilitasi narkoba. Dimana kata tersebut bermakna sebagai upaya yang diusahakan guna membantu pecandu lepas dari obat terlarang itu. Dalam prosesnya pun mempunyai beberapa tahapan, seperti berikut ini

Tahapan yang pertama disebut sebagai detoksifikasi. Pada step ini akan memberikan rekomendasi akan obat-obatan yang dapat dikonsumsi guna mengurangi gejala putus obat. Kemudian, beralih tahapan kedua yaitu rehabilitasi nonmedis. Disini, akan diberikan beberapa kegiatan pemulihan terpadu.

Langkah terakhir yaitu bina lanjut atau sering disebut dengan istilah aftercare. Setelah diberikan berbagai kegiatan konseling dan sejenisnya,  yang sudah sesuai minat setiap pasien. Tidak lupa, seseorang yang dulunya menjadi pecandu akan diberikan kesempatan untuk kembali bekerja secara normal.

Kesimpulan

Kurang lebih begitulah pemaparan yang dapat kami kemas secara ringkas dan jelas mengenai pengertian, dampak negatif dari penyalahgunaaan, hingga cara penyembuhan ketergantungan narkoba. Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk tidak mencoba menggunakan obat terlarang tersebut dan ketika sudah kecanduan segeralah melakukan rehabilitasi narkoba seperti di Ashefa Griya Pusaka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.