Presiden Jokowi: Jutaan Penduduk Indonesia Telah Merasakan Manfaat Inovasi dari Muhammadiyah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapakan selamat hari jadi Muhammadiyah yang ke 108 secara virtual, Rabu (18/11/2020). Menurut Jokowi di usianya yang lebih dari 100 tahun, Muhammadiyah telah banyak menghasilkan karya dan kontribusi. "Dengan pengabdian yang ikhlas dan sungguh sungguh yang semakin kuat dan kokoh bersama waktu. Untuk itu, atas nama masyarakat, bangsa, dan negara saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya semoga perjalanan Muhammadiyah semakin jaya dan berjasa dalam perjalanan bangsa," kata Jokowi.

Muhammadiyah kata Jokowi merupakan anugerah dari Allah SWT bagi bangsa Indonesia. Melalui kontribusi gerakan pencerahan Islam yang dirintis oleh KH Ahmad Dahlan, Muhammadiyah terus berikhtiar membumikan ajaran Alquran dan hadist ke dalam kehidupan masyarakat Indonesia secara kontekstual. "Berorientasi pada kemaslahatan masyarakat senantiasa beramal soleh dan berjuang untuk kesejahteraan dan perdamaian," katanya.

Jokowi juga mengaku melihat dan merasakan langsung kualitas pelayanan usaha Muhammadiyah dalam bingkai bingkai nilai keislaman. Cucu pertamanya Jan Ethes Srinanendra dilahirkan di RS PKU Muhammadiyah Solo. Selain itu, Ibu Negara Iriana Jokowi juga mengenyam pendidikan di Universitas Muhammadiyah Solo.

"Dan jutaan penduduk Indonesia telah merasakan manfaat dari kemajuan dan inovasi yang dilakukan Muhammadiyah. Merasakan pelayanan yang diberikan perserikatan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat," katanya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Muhammadiyah turut memerangi informasi hoaks soal vaksinasi yang beredar di masyarakat. Jokowi meminta Muhammadiyah membantu pemerintah dalam program vaksinasi terutama terkait sosialisasi di masyarakat.

"Keluarga besar Muhammadiyah yang saya banggakan pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pemulihan kesehatan melalui vaksinasi," ucap Jokowi dalam Perayaan Milad ke 108 Muhammadiyah yang digelar secara virtual, Rabu (18/11/2020). "Saya berharap Muhammad dapat ikut membantu memberikan penjelasan dan pemahaman yang benar, agar masyarakat tidak mendapatkan informasi yang keliru atau hoaks yang merugikan," tambah Jokowi. Jokowi mengatakan pemerintah saat ini tengah berupaya untuk melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan agar penularan Covid 19 dapat dihentikan.

Mantan Walikota Solo tersebut mengatakan pemerintah mempersiapkan secara hati hati. "Semua kita persiapkan dengan cermat hati hati dan matang, agar masyarakat benar benar aman dan bangsa kita bisa segera pulih dan bangkit," tutur Jokowi. Segala aspek menjadi perhatian pemerintah dalam menyediakan vaksin Covid 19 kepada masyarakat.

Mulai dari aspek keamanan hingga kehalalan turut menjadi perhatian pemerintah dalam melakukan vaksinasi. "Memastikan keamanan, efektivitas, kehalalan dan akses masyarakat pada vaksin," pungkas Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.