Tips Berkendara Aman di Malam Hari

Tidak semua orang memiliki keuangan yang cukup baik hingga bisa membeli mobil dengan mudah. Beberapa di antaranya terkadang harus menabung lama atau bahkan memilih hasil simulasi kredit mobil Mitsubishi dengan cicilan paling rendah. Ketika akhirnya Anda berhasil membeli mobil impian meskipun terpaksa memilih tenor lama demi menyesuaikan nominal cicilan dengan kemampuan, tentunya Anda akan berusaha keras menjaganya.

Sayangnya, pergi berkendara terutama di malam hari seringkali memberikan banyak risiko bagi Anda maupun kendaraan. Seperti kecelakaan, perampokan, dan sebagainya. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar lebih aman dan nyaman berkendara malam hari, yaitu:

  1. Periksa kondisi lampu utama

Lampu utama memiliki peran yang sangat penting saat berkendara di malam hari karena berfungsi sebagai penerangan jalan. Memang banyak area yang sudah dilengkapi lampu jalan, tetapi kenyataannya beberapa area tidak memilikinya. Tanpa adanya lampu mobil atau jika lampu menyala redup, maka bisa jadi pengendara lain tidak menyadari adanya kendaraan Anda sehingga risiko terjadinya kecelakaan cukup besar.

  1. Bawa perlengkapan darurat

Pastikan semua peralatan darurat Anda lengkap di mobil. Seperti perkakas mobil, cadangan sekring, kotak P3K, pembersih kaca, dan sebagainya. Pastikan juga bahwa ban cadangan mobil dalam kondisi baik dan Anda membawa peralatan lengkap untuk menggantinya. Jangan lupa, jika seandainya benar-benar terjadi masalah pada ban maupun mesin, hindari berhenti di area yang sepi apalagi tanpa penerangan.

  1. Bersihkan area kaca depan dan kaca lampu

Kondisi kaca lampu dan kaca depan yang kotor akan sangat mengganggu karena bisa membiaskan cahaya dan menghalangi efektivitas sorotannya. Pastikan sebelum berangkat Anda sudah membersihkan kedua bagian ini dengan baik.

  1. Nyalakan lampu kabut (fog lamp)

Fog lamp bukan hanya efektif untuk menembus kabut, lampu ini juga berfungsi untuk menambah penerangan pada lampu utama. Sehingga jarak pandang saat berkendara pun semakin luas.

  1. Selalu jaga jarak dengan kendaraan lain

Lantaran, minim cahaya dan jarak pandang terbatas, saat berkendara Anda disarankan menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda minimal 1–2 meter. Dengan menjaga jarak, Anda tentu memiliki cukup waktu untuk mengambil tindakan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan menyalakan lampu jauh sembarangan

Lampu jauh memang sangat membantu ketika Anda memiliki jarak pandang yang terbatas dan khawatir dengan sesuatu yang mungkin ada di depan mobil Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa menyalakannya sesuka hati karena sangat menyilaukan dan mengganggu pandangan pengendara yang berlawanan arah.

  1. Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sebelum mengemudi

Sebelum melakukan perjalanan di malam hari, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit sehingga konsentrasi di jalan tetap terjaga. Jika merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya istirahat dulu sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan mengetahui tips berkendara aman di malam hari, perjalanan Anda tentunya akan lebih aman dan nyaman. So, jangan lupa diterapkan ketika berkendara, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.