Trik Jitu Penuhi Nutrisi Anak pada Usia Balita

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak pada usia balita merupakan hal yang wajib. Untuk memenuhi hal tersebut, makanan merupakan sumber nutrisi terbaik bagi anak. Itulah sebabnya, memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi anak sangatlah penting. Bahkan, jika anak mengalami masalah pada nafsu makannya, Bunda harus segera memberikan vitamin untuk anak lahap makan agar nafsu makan anak kembali normal.

Nah, untuk memaksimalkan pemenuhan kebutuhan nutrisi anak melalui makanan, ada baiknya Bunda memerhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Penuhi asupan protein tinggi dan karbohidrat kompleks

Pada anak balita berusia 4 tahun ke atas, kebutuhan kalorinya pun juga semakin meningkat. Untuk itu, Bunda harus memastikan anak mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein serta memiliki kandungan karbohidrat yang kompleks. Makanan yang sehat akan mendukung aktivitas anak dan turut membantu memaksimalkan tumbuh kembangnya baik dari sisi kemampuan motorik kasar maupun halus.

  • Berikan anak makanan dengan porsi yang pas

Salah satu hal paling penting agar nutrisi anak terpenuhi ialah memastikan anak kesayangan menghabiskan makanannya tanpa tersisa. Untuk itu, daripada memberinya porsi makan yang besar dan berlebih, ada baiknya Bunda memberikan anak makanan dengan porsi yang kecil. Selain mengurangi sampah sisa makanan, cara ini juga dapat membuat anak terhindar dari risiko obesitas akibat makan berlebih.

  • Ajak anak memilih makanannya sendiri

Agar anak semakin bersemangat, ajaklah anak memilih sendiri makanan yang ingin dikonsumsinya. Namun sebelum itu, pastikan Bunda sudah membiasakan anak untuk mengonsumsi banyak varian makanan agar pilihan menu dalam kepalanya menjadi lebih bervariasi. Hal ini bisa membuat kebutuhan nutrisi anak terpenuhi secara seimbang tanpa ada satu jenis vitamin yang berlebih. Selain itu, Bunda bisa bertanya kepada anak soal menu makan siang yang paling ingin ia makan pada esok hari, sehingga anak akan menantikan jadwal makannya dengan lebih bersemangat.

  • Ciptakan suasana menyenangkan

Trik jitu terakhir yang bisa Bunda terapkan adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Hindari memaksa anak mengkonsumsi makanan tertentu apalagi dengan porsi suapan yang terlalu berlebihan. Bunda juga bisa memilih menu yang disukai anak dan membuat plating makanan yang lucu agar sang anak makin tertarik untuk menyatap makanan.

Itu dia beberapa tips dan trik agar asupan nutrisi anak usia balita terpenuhi. Apalagi pada usia tersebut, anak sudah memasuki usia sekolah taman kanak-kanak dan pastinya membutuhkan bekal buatan Bunda yang bisa dinikmati bersama teman di sekolahnya. Manfaatkan momen tersebut untuk memaksimalkan asupan nutrisi anak usia Balita sehingga tumbuh kembangnya akan terus meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.