VIRAL Video Gadis Buat Perkenalan Pakai Bahasa Asing dan Isyarat: Senang Bisa Memotivasi Orang Lain

Sebuah video seorang gadis yang memperlihatkan perkenalannya menggunakan berbagai bahasa asing hingga bahasa isyarat viral di Twitter dan TikTok. Awalnya Dhila kaget saat mengetahui video unggahannya tersebut viral di media sosial. Saat ia membuat video tersebut, tak ada niat sama sekali untuk menjadi viral.

"Waktu aku buat video itu enggak ada niat sama sekali buat itu viral." Dhila mengaku senang viralnya video unggahannya bisa membuat orang lain termotivasi. "Tapi aku juga seneng, jadi banyak orang yang sadar bahwa belajar bahasa itu keren."

"Banyak juga orang yang termotivasi belajar bahasa isyarat, itu yang bikin aku seneng ketika aku bisa memotivasi orang untuk memulai belajar," ungkap Mahasiswa Sosiologi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. Dhila menuturkan, bisa berbahasa asing karena belajar sendiri. Ia juga tidak pernah mengikuti kursus apapun kecuali Bahasa Isyarat.

"Cara aku menguasai bahasa asing itu ya belajar, aku enggak pernah ikut kursus apapun kecuali Bahasa Isyarat." "Karena udah jadi hobi aja sih dan enggak ada cara lain selain belajar," kata Dhila. Menurut Dhila, tujuannya belajar bahasa asing adalah agar bisa berkomunikasi dengan banyak orang.

Dhila mengaku telah belajar bahasa asing sejak masih duduk di bangku SMA. "Belajar bahasa asing sejak SMA, kebetulan di peminatan gitu kebetulan di Bahasa Perancis." "Awalnya aku juga enggak pernah kepikiran buat belajar bahasa lain tapi akhirnya dari situ aku jadi tertarik gitu," ucap Mahasiswa Universitas Gadjah Mada ini.

Dhila mengatakan, saat ini ia menguasai Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Inggris. Untuk bahasa asing, ia mengaku cukup menguasai Bahasa Turki, serta masih dalam tahap belajar Bahasa Perancis dan Bahasa Korea. "Kalo menguasai aku bisa bilang aku menguasai Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris."

"Kalau bahasa lain aku enggak bilang kalo aku menguasai, tapi kalau cukup menguasai seperti bahasa Turki dan yang masih tahap belajar itu Bahasa Perancis dan Bahasa Korea," katanya. Menurut Dhila, bisa menguasai bahasa asing memberikan banyak manfaat untuknya. Salah satunya adalah menjadi tau banyak ilmu pengetahuan lainnya yang tidak diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Bahkan berkat kepiawaiannya dalam berbahasa asing, Dhila pernah mengikuti program Exchange ke Turki. "Jujur aku pernah exchange ke Turki, aku volunteer kesana, aku ngajar Bahasa Inggris." "Aku heran mendapatkan informasi yang aku enggak pernah tahu sebelumnya. Karena informasi tersebut enggak diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau bahasa lain," tuturnya.

Selain itu Dhila bisa memanfaatkan informasi yang didapat untuk membuat esai atau tugas kuliah. "Aku juga bisa memanfaatkan informasi yang aku dapetin di sana untuk aku pake bisa bikin esai atau tugas kuliah." "Menurut aku itu jadi nilai plus banget sih kalo kita ngerti bahasa lain," kata gadis asal Yogyakarta ini.

Dhila berharap video yang telah dibuatnya bisa menginspirasi dan memotivasi banyak orang untuk belajar bahasa. Baik bahasa asing maupun Bahasa Isyarat. Menurut Dhila, untuk bisa belajar bahasa asing itu tidak ada cara lain selain belajar.

"Tips buat yang pengen belajar sebenernya enggak ada cara lain selain belajar," tuturnya. Ia menambahkan, jika belajar itu bisa darimana aja, dan terserah nanti tergantung orang memilih bahasa apa yang ingin dipelajari. "Kalo tips dari aku si nikmati aja prosesnya. Jangan terlalu memaksakan tujuan atau target."

"Aku pribadi enggak pernah buat target. Ya belajar sesuai mood ku aja yang penting aku enjoy dan ada progresnya setiap waktu," ungkapnya. Dhila juga menegaskan dalam belajar yang terpenting adalah konsisten. Karena kebanyakan orang bisa memulai, tapi susah untuk bisa konsisten.

Diberitakan sebelumnya, belakangan ini, sempat viral di Twitter video seorang gadis yang berisi tentang perkenalan menggunakan berbagai bahasa asing hingga bahasa isyarat. Awalnya video diunggah oleh akun Twitter Alexandre Thian @aMrazing pada Senin (15/2/2021). Dalam cuitannya juga terdapat pujian yang diberikan kepada gadis ini.

"Luar biasa cewek ini. A polyglot!" tulisnya. Cuitan tersebut telah direetweet sebanyak 5.437 kali serta disukai oleh 18 ribu pengguna Twitter. Hingga saat ini Kamis (18/2/2021) video unggahan @rahmadhilas ini telah ditonton sebanyak 720,9 ribu dan disukai oleh 179,9 ribu pengguna TikTok.

Dalam video diperlihatkan sang pengunggah yang tengah mengikuti sebuah challenge atau tantangan di TikTok. Tantangannya adalah untuk memperkenalkan diri dengan berbagai bahasa yang dikuasai. Kemudian sang pengunggah memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, Bahasa Turki, Bahasa Perancis, Bahasa Korea, Bahasa Isyarat Indonesia, serta American Sign Language.

Leave a Reply

Your email address will not be published.